Resep No Oven Fatayer Dujaj (Roti Ayam Timur Tengah ala Panci) yang Lezat

Posted on

No Oven Fatayer Dujaj (Roti Ayam Timur Tengah ala Panci).

Sedang mencari inspirasi resep no oven fatayer dujaj (roti ayam timur tengah ala panci) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal no oven fatayer dujaj (roti ayam timur tengah ala panci) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari no oven fatayer dujaj (roti ayam timur tengah ala panci), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan no oven fatayer dujaj (roti ayam timur tengah ala panci) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan no oven fatayer dujaj (roti ayam timur tengah ala panci) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan No Oven Fatayer Dujaj (Roti Ayam Timur Tengah ala Panci) menggunakan 37 jenis bahan dan 25 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan No Oven Fatayer Dujaj (Roti Ayam Timur Tengah ala Panci):

  1. Gunakan A.) Bahan Dough:.
  2. Siapkan 125 gram tepung terigu.
  3. Ambil 1 butir telur ayam ukuran kecil.
  4. Sediakan 2 sdm susu bubuk.
  5. Sediakan 1 sdm gula pasir.
  6. Siapkan 1 sdt garam halus.
  7. Gunakan 3 sdm mentega (lelehkan).
  8. Siapkan 1 sdt ragi (saya pakai instant active yeast).
  9. Sediakan Secukupnya air hangat kuku (sekitar 100.ml sampai 130.ml).
  10. Gunakan Secukupnya wijen untuk taburan.
  11. Gunakan B.) Bahan olesan sebelum dipanggang: (campur jadi satu).
  12. Siapkan 1 butir kuning telur.
  13. Gunakan 1/2 sdt madu.
  14. Gunakan C.) Bahan olesan setelah dipanggang=.
  15. Ambil Secukupnya mentega.
  16. Ambil D.)Bahan Isian=.
  17. Sediakan 3 genggam dada ayam yg sudah direbus lalu suwir-suwir.
  18. Gunakan 2 sdm bawang merah cincang.
  19. Sediakan 2 sdm capsicum/paprika cincang.
  20. Sediakan 3 siung bawang putih cincang halus.
  21. Siapkan 1 buah wortel (serut atau iris tipis memanjang).
  22. Siapkan 1 genggam daun ketumbar/cilantro (bisa diganti daun bawang).
  23. Siapkan 2 sdm mentega untuk menumis.
  24. Ambil 3 sdm air.
  25. Sediakan 1 sdm perasaan jeruk.nipis atau sesuai selera.
  26. Siapkan E.)Bumbu isian:.
  27. Ambil 1 sdt saos tiram.
  28. Gunakan 1/4 sdt garam halus atau sesuai selera.
  29. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk.
  30. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  31. Sediakan 1/2 sdt jintan bubuk.
  32. Gunakan 1/4 sdt kapulaga bubuk (atau 3 butir yg utuh).
  33. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk/penyedap jika suka.
  34. Sediakan F.) Alat memanggang=.
  35. Siapkan Panci.
  36. Ambil 1 cup garam halus (sekitar 200.gram).
  37. Sediakan Penyangga.

Langkah-langkah membuat No Oven Fatayer Dujaj (Roti Ayam Timur Tengah ala Panci):

  1. Bikin isian lebih dulu, lelehkan mentega, masukkan bawang merah dan paprika cincang tumis hingga layu, masukkan bawang putih cincang tumis lagi hingga harum, masukkan wortel yg sudah diserut aduk rata tumis hingga wortel layu..
  2. Masukkan bumbu yang ada (di.Bahan E) aduk rata, tumis dgn api kecil beberapa detik, masukkan 5.sdm air agar tidak gosong,lalu masukkan dada ayam suwir aduk rata, masak hingga air surut..
  3. Jika air sudah surut, masukkan daun ketumbar cincang dan juga perasaan jeruk nipis aduk rata, masak beberapa detik, test rasa, jika sudah pas matikan api kompor. (Tekstur dari isian ini kesat ya,alias tidak ada air sama sekali, soalnya kalo isian teksturnya lembek berair bisa merobek kulitnya).
  4. Lanjut bikin kulitnya=Dalam wadah, campur tepung terigu,gula, ragi, telur dan garam, tuang susu hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni, tekstur adonan harus soft/lembut ya, masukkan mentega yg sudah dilelehkan,ulen lagi hingga rata, pindahkan ke papan datar,uleni terus hingga adonan benar benar kalis elastis, semakin lama kita uleni adonan, maka hasil roti akan semakin bagus..
  5. Setelah benar benar kalis elastis,taruh kembali adonan dalam baskom dan tutup rapat dengan plastic wrap atau tutup apa saja yg penting rapat, lalu istirahatkan sampai adonan mengembang 2 kali lipat, punya saya butuh waktu 1 jam untuk menggembang, jadi tergantung juga suhu ruangan didaerah masing" ya.Setelah adonan mengembang,kempiskan adonan,lalu ulen sebentar saja agar rata..
  6. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, ambil satu adonan lalu gilas tipis (sebelum menggilas taburi papannya dgn sedikit tepung agar tdk lengket).
  7. Isikan tumisan ayam tadi ditengah tengah..
  8. Belah bagian pinggirnya seperti gambar..
  9. Lanjut tutup isian dgn cara melipat adonan dari bagian pinggir ketengah seperti kepang..
  10. Siapkan piringan tipis anti panas atau loyang,olesi dengan sedikit minyak..
  11. Taruh adonan yg sudah diisi dan dikepang tadi diatasnya. Dan olesi dengan olesan yg ada (di Bahan.B) _____ NOTE:saya ngolesnya 2.kali ya, jadi setelah semua adonan selesai dioles,lalu ulangi oles lagi dari awal adonan..
  12. Taburi dengan wijen. untuk roti kepang ini Tidak perlu diistirahatkan lagi terlalu lama ya, pokoknya diistirahatkan, sambil kita menyiapkan panci sampai panci panas, sekitar 10 sampai 15 menitan saja..
  13. Sekarang siapkan panci, sebaiknya gunakan panci agak tebal, sekitar 3.Milimeter,atau seperti panci yg bahannya sama seperti panci presto..
  14. Taruh didalamnya 1.cup garam halus, ambil penyangga dari besi/aluminium dengan ketinggian 1.inchi sampai 2.inchi. _____NOTE:Fungsi garam disini untuk membantu agar temperature dalam panci lebih panas, Karena untuk memanggang Roti ala panci butuh temperature lebih tinggi daripada cake,sehingga si Roti bisa mengembang sempurna.selain pakai garam bisa juga pakai pasir..
  15. Taruh penyangga tadi diatas garam dan taruh pas ditengah panci..
  16. Nyalakan api kompor dan tutup rapat pancinya, gunakan dengan api SEDANG biarkan panci benar-benar panas 10.menit.
  17. Setelah 10.menit, buka tutup pancinya, dan masukkan piringan/loyang yg berisi roti tadi,taruh pas diatas penyangga,sekarang tutup rapat lagi pancinya dan gunakan API KECIL, panggang hingga adonan matang, sekitar 30 menit.
  18. Setelah 30 menit, buka tutup pancinya, dan inilah hasil roti kepang ala panci, kecoklatan cantik :).
  19. Matikan api kompor dan angkat segera. Dan untuk garam bekas memanggang jangan dibuang ya, bisa disimpan dan dipakai lagi next time kalo mau baking roti ala panci begini..
  20. Selagi masih panas,olesi dengan mentega agar lebih kinclong dan soft..
  21. Yumm…
  22. Potong sesuai selera, dan dalamnya pun perfectoo….
  23. Penampakan panci setelah dipakai, aman ya tidak gosong..
  24. Bahan diatas u
    ntuk Chicken Bun/fatayer dujaj bulat bisa jadi 10.Biji. tapi yang Chicken Bun ini saya panggang pakai OVEN ya, dgn suhu oven punya saya 180°C selama 25 menit. Tapi maaf foto sesudah di oven gak ada karena udah diserbu krucil hihihi — NOTE=kalo dibikin Chicken bun begini, setelah adonan diisi,lalu istirahatkan dulu agar mengembang selama 30.menit, olesi dgn olesan baru bisa di.Oven sampai matang..
  25. Happy baking 😉 selamat mencoba semoga bermanfaat..

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat no oven fatayer dujaj (roti ayam timur tengah ala panci) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.