Cara Gampang Menyiapkan Bubur kampiun khas ramadhan Anti Gagal

Posted on

Bubur kampiun khas ramadhan. Bubur khas Minang ini banyak dijumpai saat Ramadan. Memadukan kelezatan bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur candil, dan kolak pisang, menjadikan bubur ini lebih istimewa. Semangkuk bubur kampiun menjadi menu sarapan yang khas dari Minangkabau.

Bubur kampiun termasuk salah satu jenis kuliner khas wilayah Minangkabau Daratan (Darek), tepatnya dari daerah Bukittinggi, Sumatera Barat. Bubur kampiun terbuat dari campuran beberapa bahan yang menghasilkan cita rasa manis dan lembut. Bubur kampiun adalah bubur khas dari Sumatera Barat yang terbuat dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau atau kacang padi dan bubur conde atau candil.

Sedang mencari ide resep bubur kampiun khas ramadhan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bubur kampiun khas ramadhan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bubur kampiun khas ramadhan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan bubur kampiun khas ramadhan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Bubur khas Minang ini banyak dijumpai saat Ramadan. Memadukan kelezatan bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur candil, dan kolak pisang, menjadikan bubur ini lebih istimewa. Semangkuk bubur kampiun menjadi menu sarapan yang khas dari Minangkabau.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bubur kampiun khas ramadhan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bubur kampiun khas ramadhan menggunakan 28 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bubur kampiun khas ramadhan:

  1. Siapkan 🍯 Bahan bubur candil :.
  2. Ambil 100 gr tepung ketan.
  3. Ambil 1/4 sdt garam.
  4. Ambil 1 sdm tepung tapioka.
  5. Siapkan 100 ml air (secukupnya..sampai adonan agak lembek tapi masih bisa di pulung).
  6. Sediakan 🍯 Bahan kuah untuk merebus bola candil :.
  7. Ambil 250 gr gula jawa.
  8. Ambil 500 ml air.
  9. Ambil 🍯 Bahan bubur sumsum :.
  10. Siapkan 50 gr tepung berasm.
  11. Siapkan 200 ml air daun pandan dan suji.
  12. Ambil 300 ml santan kental.
  13. Sediakan 1/2 sdt garam.
  14. Siapkan 100 ml sirup gula merah.
  15. Gunakan 🍯 Bahan saus bubur sumsum ;.
  16. Sediakan 250 gr gula jawa.
  17. Sediakan 100 ml air.
  18. Siapkan 1 lembar daun pandan.
  19. Sediakan 🍯 Bahan srikaya gula jawa :.
  20. Gunakan 4 butir telur.
  21. Siapkan 1/4 sdt garam.
  22. Ambil 300 gr gula merah.
  23. Ambil 30 gr tepung terigu.
  24. Ambil 400 ml santan kental.
  25. Gunakan 15 gr maizena.
  26. Gunakan Daun pandan.
  27. Ambil 🍯 Bahan ketan putih :.
  28. Sediakan 250 gr Beras ketan putih.

Bubur Kampiun merupakan nama bubur yang memenangkan salah satu ajang perlombaan memasak di daerah Sumatera Utara, dan saat ini telah dimodifikasi oleh banyak pedagang. Kanji Rumbi termasuk makanan khas Ramadhan di Indonesia yang bisa anda jumpai di daerah Aceh. Menjadi makanan khas Bukittinggi saat ramadhan tiba, Bubur Kampiun ini terbuat dari campuran beberapa bubur, seperti candil, sumsum, kacang hijau, kolak pisang/ubi, ketan, dan kolang-kaling lalu disiram kuah santan yang dicampur gula merah. Cita rasanya yang manis dengan tekstur yang.

Cara menyiapkan Bubur kampiun khas ramadhan:

  1. Membuat kolak candil : campur tepung ketan dan tepung tapioka, tuangi air panas secukupnya, sampai agak lembek tapi masih bisa di pulung. Masak kuah gula merah hingga mendidih, masukkan bola bola candil. Masak hingga bola candil terapung ke permukaan..
  2. Membuat bubur sumsum : Campur air suji dengan santan aduk rata. Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan. Masak sisa santan dan garam hingga mendidih, tuang cairan tepung beras, aduk rata biarkan mendidih dan bubur meletup-letup sebentar. Matikan api, angkat. Membuat saus : masak air, gula jawa dan daun pandan hingga mendidih dan gula larut. Saring..
  3. Membuat srikaya gulanjawa : 🍮Kocok lepas telur & garam, sisihkan 🍮Rebus sebagian santan, gula merah & daun pandan hingga gula larut, saring 🍮Tuang sisa santan & rebusan gula merah kedalam wadah tepung & maizena, aduk hinga rata, tercampur & tidak menggumpal. 🍮Campuran santan & rebusan gula dimasukan ke dalam kocokan telur perlahan-lahan hingga habis & teraduk rata 🍮Siapkan cetakan, kukus hingga matang..
  4. Membuat ketan putih : Masak beras ketan putih dalam rice cooker.
  5. Cara penyajian : Siapkan wadah, ambil sebagian bubur sumsum, srikaya dan ketan, kemudian siram dengan bhbur candil..
  6. Selamat mencoba 🌸🌸.

Resep Bubur Kampiun Khas Padang Sederhana Spesial Komplit Asli Enak. Bubur minang special ini memiliki banyak sekali isi sepintas mirip kolak. Bubur kampiun merupakan bubur yang berasal dari Sumatera Barat. Walaupun merupakan campuran dari beberapa jenis bubur, tapi rasanya tetap dapat menyatu dengan sempurna. Biasanya bubur kampiun ini dapat dengan mudah ditemukan saat bulan Ramadan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bubur kampiun khas ramadhan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *